06/03/14

Tips Sebelum Membeli atau Membangun Ruko/Rukan Minimalis

Rumah Toko - Ruko/rukan tidak asing lagi bagi kita di pinggiran  jalan dan telah menjamur tidak hanya di kota-kota besar. Pertumbuhan ekonomi dan pertambahan jumlah penduduk meningkatkan permintaan barang dan jasa di berbagai bidang. Hal tersebut mendorong anggota masyarakat memanfaatkan peluang bisnis guna memenuhi kebutuhan keluarga dan mengangkat kesejahteraan hidup dengan membeli properti atau membangun rumah toko. 

Keuntungan Membeli Rumah Toko


Dengan invest property sejatinya kita dapat memperoleh banyak sekali manfaat. Keuntungan yang diperoleh antara lain :
  • Mempunyai rumah multi fungsi merupakan solusi paling tepat untuk mengembangkan usaha yang memudahkan pemiliknya mengatur waktu di satu tempat.
  • Tidak lagi harus pergi bekerja di lokasi berbeda dan meminimalkan biaya transportasi
  • Bisa menghemat tenaga kerja. Kita tidak membutuhkan banyak karyawan untuk mengelola ruko sebab semua bisa ditangani penghuni rumah.
  • Fungsi ruang lebih efisien karena dapat memanfaatkan luas lahan yang terbatas
Tips membeli dan membangun Ruko / rukan

Hal Penting Dalam Membeli Rumah Toko

  • Letak bangunan strategis di muka jalan raya terutama yang dekat dengan pusat aktivitas seperti pasar, sekolah atau perkantoran
  • Rumah yang direncanakan sedemikian rupa pastinya tidak akan menghamburkan dana anda dikemudian hari akibat perombakan karena bangunan yang tidak terancang dengan baik.
  • Tentukan fungsi dari ruang usaha apakah kantor, toko, wartel, warnet, kios, dsb. Sebaiknya dilakukan pada saat proses pra-rencana. Bekerjasamalah dengan arsitek dan ungkapkan semua ide yang ingin anda wujudkan pada rumah dan ruang usaha (ruko/rukan)
  • Rumah yang sudah terlanjur jadi dan ingin menambahkan fungsinya sebagai tempat usaha, anda bisa memepertimbangkan ide menggunakan area-area tertentu seperti garasi, carport, teras, gudang atau loteng/mezzanine.
  • Pertimbangkan Ruko minimalis 2 lantai. Mengapa 2 lantai? Dilihat dari luas area, desain ruko minimalis 2 lantai jauh lebih efektif mengatasi keterbatasan lahan.
  • Berikan perhatian khusus pada desain ruangan, agar nantinya setiap ruangan dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Pembagian antara ruang privat dan kepentingan bisnis.
  • Pastikan desain rumah dan ruang usaha (ruko/rukan) anda telah fixed dan sesuai seperti yang anda inginkan sebelum masuk pada tahapan konstruksi supaya tidak ada revisi yang terlalu signifikan

Konstruksi Ruko

  • Untuk menyiasati jika sewaktu-waktu ruko dipadati pengunjung agar tidak terlihat sesak dan semrawut. Usahakan menata produk-produk yang akan dijual, biasanya ruangan dalam ruko dipisahkan oleh sekat yang terbuat dari tembok atau tripleks. Namun sebagai upaya meminimalkan anggaran lebih tepat memakai sekat dari gorden dengan warna standar seperti putih atau kombinasi lain. Warna putih sendiri dipilih agar ruangan terlihat lebih luas sebab bersinergi dengan warna senada pada dinding dan lantai.
  • Jika rumah anda terletak di sisi jalan, sebaiknya lebih berhati-hati. Perhatikan apakah ada instalasi listrik, plumbing, atau jaringan telepon yang ditanam di bawah tanah. Ini penting jika suatu saat ada pekerjaan galian (biasanya pekerjaan ini berasal dari Dinas PU, Tata kota, dsb.) di lingkungan rumah anda, sampaikan pada pihak yang melakukan pekerjaan galian bahwa di sekitar rumah anda terdapat instalasi yang mungkin akan terganggu akibat pekerjaan mereka.
  • Pada tahap konstruksi atau pembangunan rumah apabila terdapat sesuatu masalah yang memang tak bisa dihindari dan harus mengubah gambar teknis yang sudah direncanakan semula, pastikan perubahannya dituangkan dalam as built drawing.
Demikianlah tips seputar kepemilikan dan membangun Rumah toko minimalis. Meskipun ini merupakan langkah strategis dan menguntungkan, bekerja dan menjalankan usaha dari rumah tinggal memerlukan kedisiplinan dalam mengatur waktu. Tidak ada atasan atau pimpinan yang mengawasi anda sehingga harus pandai memilah mana waktu antara urusan pribadi dan pekerjaan.

Artikel Terkait